Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

By Manfaat-id.com On Tuesday, September 13th, 2016 Categories : Kesehatan

Manfaat Madu untuk Ibu Hamil – Madu adalah cairan yang didapat dari lebah yang dapat menunjang kesehatan yang sangat baik dikonsumsi oleh segala usia, dari yang masih bayi hingga lanjut usia. Manfaat dan khasiat madu sudah sangat tersohor sejak mulai zaman nabi Muhammad dulu. Konon orang zaman dahulu menggunakan madu untuk mengobati berbagai macam penyakit dan untuk menjaga stamina tubuh.

Madu juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi madu. Mengapa demikian? Karena seorang wanita yang sedang hamil harus menjaga stamina dan kesehatannya, jika kesehatannya terganggu maka akan berdampak pula pada janin di dalam perutnya.

Selain itu, madu mengurangi rasa mual dan menambah nafsu makan si ibu. Kebanyakan orang hamil sulit untuk memakan-makanan tertentu atau bahkan kehilangan nafsu makannya. Padahal si ibu harus mencukupi kebutuhan gizi si janin yang ada didalam kandungannya.

manfaat madu

Zat galian yang ada pada madu ternyata dapat membantu menguatkan janin yang ada dalam kandungan si ibu, serta membantu pertumbuhan fisik si jabang bayi.

Madu juga mengandung vitamin C yang dapat membuat kulit si ibu mulus dan tidak bersisik. Biasanya ada sejumlah ibu hamil yang mengalami kulit bersisik, kusam atau malah menjadi lebih hitam, flek dan lain-lain.

Kebanyakan keluhan ibu saat hamil ialah susah buang air besar. Dengan mengkonsumsi madu ini dapat melancarkan BAB si ibu. Bukan hanya untuk si ibunya saja tapi madu juga dapat membersihkan perut bayi dari berbagai macam kotoran.

 Memang madu aman dikonsumsi oleh ibu hamil tetapi ada beberapa syarat yang harus dipatuhi agar tidak membahayakan si ibu atau bayinya yaitu:

  • Madu tersebut sudah melalui proses pasteurisasi yaitu dimana madu tersebut sudah dipanaskan pada suhu tertentu untuk menghilangkan berbagai mikroba yang terdapat pada madu tersebut seperti spora, bakteri, jamur, virus dan lain-lainnya yang dapat membahayakan tubuh manusia.
  • Kemudian madu yang dikonsumsi harus madu yang asli yaitu madu yang tidak dicampur dengan pengawet, pemanis buatan, pewarna dan lain-lainnya. Ada beberapa tips untuk membedakan madu itu asli atau palsu. Coba ambil sumbu, celupkan ujung sumbu tersebut dalam madu, kemudian nyalakan sumbu tersebut, jika api yang sudah sampai keujung sumbu tersebut mati berarti madu tersebut palsu tetapi jika madu tersebut masih menyala bahkan lebih besar nyala apinya berarti madu tersebut asli, atau anda bisa menaruhnya didalam freezer. Jika madu menggumpal atau menjadi es berarti madu tersebut palsu karena mengandung air yang akan membeku jika diletakkan didalam freezer.
  • Tidak disarankan mengkonsumsi madu yang masih mentah. Yaitu mengambil madu dari sarangnya dan langsung memakannya, karena kemungkinan besar madu tersebut masih terdapat berbagai mikroorganisme yang dapat mengganggu kesehatan ibu dan janin.
  • Jangan mengkonsumsi yang belum terdapat izin dari BPOM, karena madu yang dikonsumsi harus teruji klinis.

Itulah tadi beberapa ulasan mengenai Manfaat Madu untuk Ibu Hamil. Semoga dapat menambah wawasan para ibu-ibu yang sedang menanti-nantikan kelahiran si jabang bayinya.