Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan

By Manfaat-id.com On Sunday, September 4th, 2016 Categories : Kesehatan

Manfaat kacang panjang untuk kesehatan tubuh – Kacang panjang merupakan salah satu sayuran yang kerap kita temui dalam masakan sehari-hari dan banyak di jual di pasar. Kacang panjang dapat di olah atau di makan dengan di tumis, dan ada juga yang di olah sebagai lalapan mentah.

Meskipun kacang panjang sudah banyak di kenal oleh masyarakat sebagai makanan, tetapi ada sebagian orang yang tidak mengetahui kandungan gizi dan nutrisi yang ada dalam sayuran kacang panjang ini. Kacang panjang sangat memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lumayan cukup tinggi dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini kandungan yang terdapat pada kacang panjang dan manfaat kacang panjang untuk kesehatan tubuh, antara lain :

manfaat kacang panjang

  1. Kacang panjang mengandung sumber protein

Kandungan protein yang di miliki oleh kacang panjang sekitar 8,3 gram dalam setiap 100 gram kacang panjang yang di rebus, oleh karena itu kacang panjang menjadi salah satu sayuran yang memiliki kandungan protein nabati yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein yang di butuhkan oleh tubuh kita setiap hari.

  1. Mengandung vitamin B kompleks

Dalam setiap seratus gram kacang panjang yang di rebus, mengandung 146 microgram folat 37% kebutuhan, 0,2 mg thiamin 14% kebutuhan, 0,1 mg mengandung vitamin B6 5% kebutuhan, o,1 mg riboflawin 4% kebutuhan, 0,4 mg mengandung asam pantotenat 4% kebutuhan, dan 0,6 mg niacin 3% kebutuhan. Ada berbagai vitamin B kompleks yang terkandung dalam kacang panjang, dan merupakan nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Secara umum vitamin B kompleks mempunyai fungsi yang sangat penting dalam proses produksi energy dan fungsi saraf pada tubuh kita, sehingga kekurangan vitamin B menyebabkan kelelahan dan dapat kekurangan tenaga.

  1. Memiliki kandungan serat yang tinggi

Kacang panjang merupakan sayuran yang menganudng banyak serat. Dalam setia[ seratus gram kacang panjang yang direbus, terdapat kandungan serat sekitar mencapai 4 gram atau memenuhi 15% kebutuhan serat harian setiap harinya. Serat yang terdapat dalam kacang panjang tersedia dalam bentuk pectin yang merupakan serat yang larut, sehingga sangat naik untuk membantu dalam menjaga kadar gula dalam darah dalam level normal, dan juga untuk membantu metabolisme lemak yang normal.

  1. Mengandung mineral

Kacang panjang banyak mengandung mineral, antara lain :

  • Zat besi

Setiap 100 gram kacang panjang yang di rebus mengandung 2,6 mg zat besi 15% kebutuhan. Zat besi adalah komponen yang sangat penting untuk membentuk enzim dalam berbagai reaksi kimia dalam tubuh.

  • Kalsium

Kalsium merupakan mineral yang sangat penting untuk tubuh dalam pembentukan tulang dan gigi yang sehat, juga untuk fungsi saraf otak. Terdapat 42 mg 4& kebutuhan di kacang panjang.

  • Magnesium
  • Mangan fosfor
  • Tembaga
  • Kalium
  • Zinc
  • Selenium

Demikian tadi manfaat kacang panjang Semoga bermanfaaat untuk sahabat dirumah.